Economy

Outlook Komoditas Timah Indonesia (Senin, 9 Juli 2012)

Indonesia sebagai pengekspor timah terbesar di dunia ikut merasakan dampak dari kondisi krisis zona euro yang masih berlanjut sampai saat ini. Bahkan timah merupakan komoditas yang paling tajam penurunan harganya dibandingkan dengan komoditas bahan tambang lainnya, padahal Indonesia memiliki pangsa ekspor timah sebesar 40% di pasar global. Sepanjang Januari hingga April 2012, nilai ekspor timah hanya US$ 651,6 juta, atau turun 28,4% dibanding periode yang sama tahun lalu yakni sebesar US$ 910,72 juta.

(Foto diambil dari http://www.majalahfinance.co.id)

Hal ini disebabkan oleh menurunnya permintaan akan timah di pasar Internasional yang diakibatkan oleh krisis di zona euro dan pertumbuhan Cina yang melambat sehingga menurunkan harga timah. Harga timah sendiri telah turun sebesar  27% dibandingkan dengan harga tertinggi dalam 6 bulan terakhir. Turunnya harga timah ini mengakibatkan banyak produsen yang menurunkan jumlah produksinya. Selain itu, kondisi cuaca yang buruk di Indonesia khususnya di Bangka-Belitung yang merupakan daerah utama penghasil timah mengakibatkan terganggunya distribusi mineral bahan baku timah ke smelter (tempat pengolahan) juga turut mempengaruhi jumlah produksi timah Indonesia. Banyak penambang tradisional timah yang berhenti berproduksi akibat buruknya cuaca di pantai timur Bangka. Diprediksi, tahun ini ekspor timah Indonesia bakal terperosok dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), guna menciptakan harga wajar timah dan dapat menjadi acuan harga bagi pertambangan timah dunia, juga tercipta INATIN pada 1 Februari 2012. INATIN merupakan indeks harga perdagangan timah Indonesia di dunia internasional. INATIN merupakan hasil kerja sama antara perusahaan timah yang menjadi anggota Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) dengan Komite Timah. Selain itu, pertumbuhan Cina yang melambat di semester I 2012 yang menyebabkan surplus produksi timah Global sehingga harga turun, kemungkinan akan kembali meningkat di semester II nanti sehingga akan meningkatkan kembali harga timah dunia.

Saat ini, Indonesia memiliki 39 eksportir timah terdaftar yang hampir semua berada di propinsi Bangka-Belitung, daerah produsen utama timah. Ekspor timah Indonesia ke negara – negara uni eropa memang relatif kecil dibandingkan dengan ke negara – negara seperti Cina dan India, namun negara – negara Uni Eropa merupakan pangsa ekspor dari kedua negara tersebut sehingga menurunnya permintaan Uni Eropa akan berdampak pula terhadap permintaan dari kedua negara tersebut akan bahan mentah termasuk timah. (ah)

2 thoughts on “Outlook Komoditas Timah Indonesia (Senin, 9 Juli 2012)

  1. mantap artikelnya..menurut bapak adjie ke depannya apakah perekonomian kedua negara yaitu Cina dan India cenderung membaik atau sebaliknya? Mengingat masih tidak stabilnya perekonomian negara-negara Uni Eropa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s