Economy

Harga CPO Mulai Mengalami Peningkatan di awal 2H12 (24 Agustus 2012)

Perdagangan kamis 23 Agustus 2012 di bursa berjangka Malaysia, harga CPO penyerahan November 2012 naik 0,7% menjadi RM 3.100 atau USD 1.000 per ton, yang merupakan level tertinggi sejak 17 Juli 2012. Kenaikan harga ini didorong oleh prediksi tumbuhnya permintaan dari China dan India yang diprediksi mengalami perbaikan pertumbuhan ekonomi di semester II tahun 2012. Selain itu, penaikan harga ini didorong oleh harga minyak mentah yang saat ini sudah mendekati harga psikologis di USD 100 dan kondisi kekeringan yang melanda Amerika Serikat yang ikut mengerek naiknya harga komoditas. Namun yang perlu diperhatikan adalah produksi kelapa sawit dari September hingga Desember 2012 cenderung meningkat di dua eksportir besar dunia yakni Indonesia dan Malaysia karena sudah memasuki musim panen puncak yang dimulai bulan Oktober. Jika tidak diiringi dengan naiknya permintaan global kemungkinan harga CPO akan kembali tertekan.

Pada 1H12, produksi CPO di Indonesia mencapai 11 juta ton. jika melihat target produksi CPO Indonesia 2012 yang sebesar 25,7 juta ton, produksi ini baru memenuhi sekitar 43 persen dari target. Sisa target produksi sebesar 57 persen diprediksi akan dipenuhi saat panen raya CPO dibulan September hingga Desember. Dari sisi performa ekspor CPO Indonesia, menurut GAPKI volume ekspor CPO sepanjang 2012 akan mencapai 17,59 Juta ton, sedikit dibawah perkiraan awal tahun sebanyak 18 juta ton.  Performa ekspor di 1H12 mencapai 7,9 juta ton sehingga diperkirakan ekspor akan meningkat mencapai 9,7 juta ton di 2H12. Komposisi ekspor CPO tahun ini di semester I

Di sisi domestik, sebenarnya pemerintah dapat membantu melindungi industri dalam negeri dari pengaruh fluktuasi harga di pasar ekspor. Salah satunya adalah menghidupkan industri bahan bakar nabati. Saat ini, konsumsi minyak sawit dalam negeri baru mencapai sekitar 50% dari total produksi nasional dan sisanya diekspor sehingga permintaan global sangat berpengaruh terhadap industri kelapa sawit dalam negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s