Economy

Produksi Batubara Indonesia Januari – Oktober 2012 Mencapai 310 Juta Ton (30 November 2012)

Produksi batubara Indonesia tahun ini diperkirakan akan melebihi proyeksi minimum pemerintah yang berada di angka 332 juta ton. Menurut data dari Kementrian ESDM, produksi batubara periode Januari – Oktober 2012 telah mencapai 310 juta ton atau 93,4% dari proyeksi pemerintah. Untuk bulan Oktober 2012 sendiri, produksi bulanan mencapai 33 juta ton, lebih tinggi 10% dibandingkan dengan realisasi produksi bulan September yang hanya 30 juta ton. Dari 310 juta ton yang diproduksi pada periode Januari – Oktober 2012, volume yang di ekspor sebesar 225 juta ton dan 73 juta ton di alokasikan untuk memenuhi domestic market obligation (DMO). Jika performa produksi batubara di bulan November dan Desember sama dengan rata – rata produksi bulanan periode Januari – Oktober 2012, diperkirakan produksi batubara akan mencapai 372 juta ton di tahun 2012 ini. Penghambat dari pencapaian proyeksi tersebut adalah mulai masuknya musim penghujan di sebagian wilayah Indonesia dan banyaknya petambang kecil dan menengah yang menutup usahanya akibat adanya penurunan harga batubara yang cukup signifikan beberapa waktu lalu

Dari sisi harga, tanda – tanda pemulihan harga batubara mulai terlihat. Meskipun terlalu dini untuk mengatakan fundamental permintaan batubara mulai pulih kembali, China yang merupakan konsumen terbesar batubara di dunia mulai menunjukkan tanda – tanda perbaikan ekonomi. Consensus forecast Bloomberg mengenai pertumbuhan ekonomi China di kuartal IV menunjukkan angka 7,7%, lebih tinggi dari pencapaian di kuartal III yang hanya 7,3%. Pertumbuhan pada kuartal III sekaligus merupakan pertumbuhan ekonomi terendah China dalam 14 kuartal terakhir. Indeks Manufaktur China juga mulai menunjukkan terjadinya kecenderungan ke arah yang lebih positif di bulan Oktober ini. Indeks manufaktur China berada di angka 50,2, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang masih berada di angka 49,8. Rebound musiman harga batubara, karena memasuki musim dingin juga mulai menunjukkan peran, badai salju dan musim dingin di China juga mempengaruhi permintaan listrik negara tersebut sehingga menjadi sentimen positif terhadap harga batubara. Harga batubara spot Newcastle kalori 6.700 yang menjadi patokan harga batubara di Asia telah meningkat 6,7% dari level terendah di tahun ini yakni USD 78,05 menjadi USD 83,25.

Jumlah Impor batubara China di bulan Oktober mencapai 16,8 juta ton, meningkat 7% dibandingkan dengan oktober tahun lalu, dan meningkat 12,8% dibandingkan bulan September. Peningkatan impor ini sebenarnya dapat memberikan sentimen positif akan harga batubara, namun menurut asosiasi batubara China, stok batubara yang masih tinggi hingga Oktober di China menjadi penghambat akan kenaikan harga batubara meskipun adanya peningkatan impor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s